Sunday, October 1, 2017

Beberapa Nama Alumni Dayah Tanoh Mirah Yang Telah Menjadi Ulama Yang Masyhur Di Aceh

Tags

Perahu Kehidupan - Dayah Darul Ulum Tanoh Mirah (Darul Ulum Pusat) yang dipimpin oleh al marhum Abon Tanoh Mirah merupakan dayah paling ternama di Aceh semasanya, yang terletak di desa tanoh mirah, kecamatan peusangan, kabupaten bireuen, provinsi aceh, begitu pula dengan sosok Abon Tanoh Mirah adalah seorang ulama terkenal di masa itu. Namanya terdengar keseluruh pelosok tanah air sebagai ulama yang sangat menguasai ilmu ushul fiqh dan aqidah.

Abon dengan nama lengkap Tgk. Haji Abdullah Hanafi merupakan salah satu murid dari Tgk. Syekh H. Abuya Muhammad Waly Al Khalidy atau lebih dikenal dengan sebutan Abuya Muda Waly, pendiri Dayah Darussalam, Labuhan Haji, Aceh Selatan. Setelah sekian lama Abon Tanoh Mirah (Tgk. Haji Abdullah Hanafi) berguru pada Tgk. Syekh H. Abuya Muhammad Waly Al Khalidy di Dayah Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan, kemudian beliau pulang ke kampung halaman di Tanoh Mirah Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen dan mendirikan sebuah pondok lembaga pendidikan Agama Islam yang diberi nama Dayah Darul Ulum, pada tahun 1957. 

Pada masa jayanya, Dayah Darul Ulum Tanoh Mirah sangat terkenal hingga ke Malaysia dan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Hingga kini dayah tersebut masih memiliki santri-santri dari dalam dan luar Aceh datang dari penjuru daerah dan belajar ilmu agama dan banyak yang telah sukses dan membangun dayahnya di daerahnya masing-masing. Di antara banyaknya santri-santri tersebut yang dahulu pernah mondok dan menuntut ilmu di Dayah Darul Ulum Tanoh Mirah (alumni) di dayah tersebut, mungkin perlu dikenal siapa saja dan yang mana orangnya. Mereka kini mereka telah membuka dayah-dayahnya di Aceh dan sebagai ulama-ulama yang amilin dan shalihin yang berkiprah di Aceh dan luar aceh


Berikut ini sebagian daftar deretan daftar nama - nama alumni termasyhur alumni tanoh mirah, sesuai dengan urutan dalam foto di atas, adalah sebagai berikut
Abon Tanoh Mirah :
  1. Abon Arongan
  2. Abu Ulee Titi 
  3. Abu Keunire 
  4. Abaty Simpang Ulim 
  5. Abu Takengon 
  6. Abaty Babah Buloh 
  7. Abu Tanjong Bungong 
  8. Waled Alubue Perlak 
  9. Abon Putoh Panton 
  10. Abu Keude Dua Idi 
  11. Abi Peudawa 
  12. Waled Tanoh Mirah 
  13. Abuya Ruslan Aceh Selatan 
  14. Abaty Buloh Blang Ara 
  15. Abon Awe Geutah 
  16. Abuya Padang 
  17. Waled Matang Kuli (Tgk.H. Sirajuddin Hanafi) 
  18. Waled Bayu 
  19. Abah Alue Awee 
  20. Waled Peurupok 
  21. Abaty Lhok Mon Puteh 
  22. Abon Nisam 
  23. Abah Baktiya 
  24. Tgk Abon 
  25. Dan lain-lain.
Demikian daftar sejumlah ulama ini Mohon maaf jika ada kekeliruan dalam penyusunan nama dan daftar foto, sebenarnya masih banyak lagi di antara mereka yang tidak tersebutkan satu persatu.


EmoticonEmoticon